Karpet Kelabu

25 09 2009

Dalam hatinya bertanya, apakah benar ini rumah Ridlwan? Bukannya dia seorang kepala sekolah?
Bagian teras rumahnya kok kayak ini? Jangankan keramikan, lantai semenpun tidak. Hanya bata berantakan yang ada di teras rumah.

Ia mengetuk pintu.
“Tok..Tok..Tok..assalamu’alaikum..Tok..Tok..Tok..!”
“Wa’alaikum salam!” jawab seorang ibu tua.
“Nopo bener niki daleme Pak Ridlwan?” tanyanya.
“Bener!”
“Pak Ridlwane wonten mboten?” tanyanya kembali.
“Oh wonten, sekedap gih. Kulo timbalke.” jawab ibu tadi sambil masuk ke rumah.

Sembari menunggu ia melihat sekeliling. Tak nampak kemewahan di sana-sini. Halaman rumahnya tak ada taman, yang ada kumpulan pohon pisang. Tak ada CRV, yang ada WIN hitam dan Sepeda jengki butut.

“Oh Ihsan, monggo mlebet..!” Pak Ridlwan mempersilakan.
Ia menggelar karpet kelabu di pojok ruang tamu.

“Nek arep diselehke neng omah sijine yo rapopo, tapi ojo nemen-nemeni ra!” celetuk Pak Ihsan.

Itulah sebuah kalimat yang terlempar dari Pak Ihsan ketika ia telah duduk di karpet kelabu ukuran 1,5 x 2 m itu.

Pak Ridlwan langsung terdiam. Ia langsung teringat kisah nyata sahabat Abu Darda’ yang ditegur oleh Abu Dzar Al-Ghifari yang bertamu ke rumahnya dan dipersilakan di tikar kumuh. Abu Dzarpun bertanya di manakah perkakas rumah yang lain dengan bahasa arab tentunya.

Abu Darda’ menjawab,”Aku meletakkannya di rumah yang satunya.”
“Di mana rumahmu yang satunya itu?” tanya Abu Dzar.
“Di Surga.” jawab Abu Darda’.

Karena teringat cerita itu Pak Ridlwanpun membalas pernyataan Pak Ihsan.
“Yo ora koyo kuwi. Aku pancen ora duwe meja kursi. Mangkane onone gelaran koyo iki tok, yo dimaklumi.”


Aksi

Information

29 responses

25 09 2009
alamendah

(maaf) izin PERTAMA dulu

25 09 2009
alamendah

kedua, mau bilang:
Untuk lisan yang mungkin telah salah berucap, Untuk janji yang belum dan tidak bisa ditepati. Untuk prasangka yang kadang timbul dihati. Untuk komentar yang kurang berkenan, yang ungkin pernah saya berikan, dengan setulus hati, saya mohon di maafkan lahir batin. Saya dan Alamendah's Blog mengucapkan, Selamat Idul Fitri, 1 Syawal 1430 H.

25 09 2009
alamendah

Kesederhanaan tanpa kepura-pura jauh lebih indah bagi siapa saja. Baik yang memandang apalagi bagi yang melakukan.
(semoga komennya nyambung…)

25 09 2009
alamendah

keempat,
Kadosipun silaturrahmine sampun cekap, Alamendah bade nglajengaken lumaku bloghicking. Nyuwun pamit.

25 09 2009
alamendah

kelima;
see you…

25 09 2009
dasir

@alamendah matur kesuwun duwateng mas alamendah..mugiyo gusti Alloh maringi kaberkahan dumateng mas alam saha keluarginipun mas alam..amiin

25 09 2009
riosisemut

Ngomong apaan tuh yg terakhir.?

25 09 2009
Kang Sugeng

Biar ndak punya apa2 yg penting masih diijinkan menikmati surga-Nya kelak, Insya Allah amin.

25 09 2009
Noor's blog (inside of me)

Wadoh..bahasa jawane akeh tenan..sitik2 wae tho mas, ra ngerti aku…tapi ra opo2 aku sekalian belajar ngartiin…kalimat terakhir " ya nggak kayak gitu, aku memang ngga punya meja dan kursi..makanya yang ada cuma tikar kayak gini..ya di maklumi.." bener ga mas..? he..he salam kenal

25 09 2009
Abdul aziz

Assalamu'alaikum,

Cerita yang menarik Kang. Hidup apa adanya, tidak berpura-pura akan terasa lebih bebas,karena tanpa beban. Dan Pak Ridwan tadi tentu menikmati kehidupannya.
Sayang bahasa Jawanya saya tidak mengerti.
Terima kasih.

Kalau sempat mampir Kang ke Cianjur.
Salam buat keluarga

25 09 2009
Hariez

selamat Siang Kang Dasier.. mau numpang ngadem dulu ya Kang..sambil baca tulisannya

25 09 2009
Hariez

sebenernya saya cuma bisa sedikit bahasa jawa namun saya hanya bisa menangkap sebuah cerita yang sangat mengartikan dari kesederhanaan itu lebih baik dengan kejujuran. Benar ga Kang itu yang di artikan dalam tulisan ini ?? kalo salah matur sowry lho

25 09 2009
Hariez

sebenernya saya cuma bisa sedikit bahasa jawa namun saya hanya bisa menangkap sebuah cerita yang sangat mengartikan dari kesederhanaan itu lebih baik dengan kejujuran. Benar ga Kang itu yang di artikan dalam tulisan ini ?? kalo salah matur sowry lho

25 09 2009
dasir

@riosisemut masa ndak tahu?
@kangsugeng
Amiin..
@noors blog
Bener mas..salam kenal juga mas,,
@abdul aziz
Insya Alloh segera..makasih
@hariez
Terimakasih atas apresiasinya..

26 09 2009
ariosaja

matur suwun kang… postinge membawa pencerahan. Met Idul Fitri 1430 H. Mohon maaf lahir dan batin

26 09 2009
dasir

Sami2 mas..

26 09 2009
Wongndeso

Maaf terlambat nih … karena baru pulang mudik …
Wongndeso mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H Taqobalallahu minnaa wa minkum Shiyamanaa wa shiyamakum, Minal ‘aidin wal faizin Mohon maaf lahir dan batin atas segala kesalahan yang sengaja maupun yang tidak sengaja.
Ada info tentang award
International Bloggers Community Award
Semoga berkenan mengambilnya dan terima kasih

27 09 2009
dasir

@wong ndeso
Maaf lahir batin juga ya kang..awardnya terimakasih..tapi nanti kalo ke warnet atau stl di Jakarta ngerjainnya ya kang..

27 09 2009
KangBoed

HADIIIIIIIIIIIIIIIRRRRRRRRRRRRRRRRRR

27 09 2009
KangBoed

Menyapa sahabatku chayank

27 09 2009
KangBoed

MAAF.. baru bisa jalan jalan nih

27 09 2009
KangBoed

hiihihihihi dah di Jakarta maaaaaaaaaaaaaassssssss

27 09 2009
quinie

23!
makasih udah mampir yaaa🙂

27 09 2009
HumorBendol

Nah lho….
Kasihan banget nasib P Ridwan?
Mungkn…uangnya di Tabungan kali bro…

27 09 2009
HumorBendol

Bukankah…gaji guru akhir-2 ini makin membaik bro?

27 09 2009
HumorBendol

Tapi…inti dari postingan ini, bukan pada P Ridwan-nya kali ya?
hehe….

27 09 2009
dasir

@kangboed
Belum kang..msh di Pekalongan..besok br berangkat..
@quinie
Sama-sama teh..maaf ya kalo jrg main ke rumahnya teteh..
@humorbendol
Intinya pada kesederhanaan dan kesyuhudan tapi tetap menghargai tamu kang..

29 09 2009
buwel

Moga sorganya pak ridwan paling indah ya…

30 09 2009
dasir

@buwel amin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: