Puasa gaya Manula

2 09 2009

Apa kabar sahabat sekalian, semoga puasanya masih lancar ya. Alhamdulillah dasir juga masih lancar meskipun sekarang lagi pilek.
Ya udah intermesonya, langsung saja.

Sahabat super, Orang dikatakan Manula atawa lansia atawa orang tua yang sudah tua itu jika usianya di atas 70 tahun. Itu menurut dasir. Sifat mereka kadang kembali ke masa-masa balita. Apa sebab? karena kemampuan untuk melayani dirinya sendiri berkurang jauh. Meskipun manula, tapi banyak eyang-eyang kita itu masih semangat untuk puasa. Meskipun resikonya besar, mereka tetap semangat untuk melaksanakan kewajiban sebagai hamba kepada Alloh SWT.

Nah berikut ada kiat-kiat yang dasir kutip dari koran Tempo lalu dasir tambahin.

13 Kiat untuk Manula:
1. Kebutuhan kalori sama dengan saat tidak berpuasa: sahur 40 persen kalori, buka puasa 50 persen kalori, dan sesudah tarawih 10 persen kalori.
2. Konsumsi cairan 30-50 cc per kilogram atau 8-10 gelas untuk mencegah dehidrasi.

Pembagiannya:
* 2 gelas saat buka puasa
* 3-4 gelas setelah tarawih hingga sebelum tidur
* 1 gelas saat bangun sebelum sahur
* 1-2 gelas saat sahur
3. Konsumsi air atau jus buah pada saat antara berbuka puasa dan sebelum tidur
4. Hindari minum es berlebihan, karena bisa menahan rasa kenyang
5. Makan dengan komposisi seimbang
6. Hindari makanan yang digoreng dan berlemak
7. Batasi minum teh dan kopi saat sahur
8. Dianjurkan mengkonsumsi makanan yang lambat dicerna dan tinggi serat saat sahur
9. Batasi makanan yang lebih cepat dicerna seperti gula, saat sahur
10. Konsumsi pisang saat berbuka, sebagai sumber kalium, magnesium, dan karbohidrat
11. Cukupi kebutuhan vitamin dan mineral
12. Waspadai terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan
13. Rutin minum obat sesuai anjuran dokter

Nah kalau yang di atas kiat dari Tempo yang hanya masalah perut, maka yang ini tambahan kiat dari dasir:

14. Minum susu, madu, habbatussauda’ dan sari kurma sewaktu buka dan sahur.
15. Berdoa selalu agar dikuatkan oleh Alloh ketika berpuasa.
16. Jika tidak kuat puasa atau ada bintang berputar-putar di atas kepala lebih baik dibawa tidur saja.
16. Istirahatlah dengan tidur selepas sholat dhuhur hingga Ashar
17. Jangan sering-serin terkena sinar matahari langsung
18. Sholatlah dhuha dan tadarus Alqur’an untuk menghilangkan kepenatan
19. Jangan bekerja yang berat-berat misal ngangkatin gabah buat di jemur
20. Terakhir batalkan puasa jika pusing banget dan pingsan

Bagaimana kiat puasa bagi manula dari Tempo dan dasir.
Semoga bermanfaat, salam sayang dan cinta damai dari dasir dan wong tunjung

Wassalamu’alaikum wr.wb.


Aksi

Information

44 responses

2 09 2009
kakve-santi

tips yang menarik… !

2 09 2009
m4stono

nyang poin 14 tuh promosi mode ON…heheheheh….tips dari saya puasa ala "saya" makanlah makanan yang halal selagi ndak ada orang dan keringkanlah bibir ketika ada orang supaya keliatan sedang berpuasa…wakakakakak

2 09 2009
lita alifah

wah….banyak banget tipsnya hehehe…..klo poin 14 itu aku ndak doyan semua hihihihi….cuma madu ma kurma dink yang doyan….emmm…..makasih tipnya dan radionya😀

2 09 2009
arief

suka merawat orang tua ya?

2 09 2009
zulhaq

bermanfaat banget sob. semoga segala amal kebaikannya di bales oleh allah amien…

2 09 2009
dasir

@kak-vie thanks ya dah mampir..
@m4stono tambah thoyyiban mas..hehehe
@lita alifah sama-sama kak
@arief sukanya ama anaknya orang tua hehehe
@zulhaq amien..
Salam sayang dan cinta damai dari dasir tuk sahabatku semua..

2 09 2009
itempoeti

kalau tips untuk yg STW gimana?

2 09 2009
dasir

@itempoeti stw apa ya sob?hehehe..mode on😉;-):)

2 09 2009
MapuC

manteb kang he he, trims yaw

2 09 2009
dasir

@mapuc dalang dunk 'ki mantebs' hehehehe salam persahabatan..

2 09 2009
KangBoed

waaaakaakakakak tipsnya bagus buanget

2 09 2009
KangBoed

KAYANYA BISA UNTUK DI COBA

2 09 2009
KangBoed

TAPI SAYA BUKAN MANULA YA

2 09 2009
KangBoed

MUDAH MUDAHAN BISA DI PRAKTEKAN

2 09 2009
KangBoed

MA KASIH MAS

2 09 2009
KangBoed

MANSTAAABSS

2 09 2009
KangBoed

KELIMAAAAAAXXXXXXXXXZZZZZ

2 09 2009
marsudiyanto

Resepe akeh temen…

2 09 2009
metamarsphose

Tirik2…

2 09 2009
dasir

@kangboed hey,,ada yang merasa manula..keknya kangboed baru tujuhbelas tahun deh..xixixi
@kangboed mangga atuh kang kalau badhe dipraktekan, jika sakit berlanjut hubungi tukang kompor..hwakakakak
@kangboed terimakasih pujiannya..mlorot nih celananya hahaha
@pak mars tereng-tereng..biar de'ta'iel pak..
Maturnuwun..salam cinta damai dan kasih sayang tuk semua sahabatku dari dasir..

3 09 2009
soewoeng

alhamdulillah belum manula diriku

3 09 2009
dasir

@suwung baru 35 lebih berapa bulan kang?hehehe..

3 09 2009
Zico Alviandri

Waduh… tips ini harus saya simpen 30-40 tahun lagi nih😀

3 09 2009
HumorBendol

Walo bukan Manula, kayaknya perlu dipraktekkan neh
heheh….

3 09 2009
HumorBendol

Sip tips & triks nya bang
hehe….

3 09 2009
HumorBendol

eh..tapi kayaknya ribet banget ya? hehe…
Makasih bro….

3 09 2009
dasir

@zicoalviandri nabung tips? Ide yang cemerlang..trmksh atas kunjungannya sob..salam sayang dan cinta damai dari dasir dan jangan bosan ya?

3 09 2009
dasir

@humorbendol yayaya..ini bisa juga buat yang belum manula kangbendol..istrinya dah bisa bikin cake blm kang?hehehe

3 09 2009
KangBoed

hehehehe

3 09 2009
KangBoed

mas Dasir lagi ngapain yaaa

3 09 2009
KangBoed

kunjungan dinas malam dari kang boed

3 09 2009
KangBoed

kopi sama gorengannya pigimana

3 09 2009
KangBoed

ooo abis yaaaaaaaa

3 09 2009
dasir

@kangboed Dasirna msh kerja keras td dipabrik..hehehe..nuhun nyak kang baru buka blog n blm update pula..trmksh sdh bersilaturahim ke sini,jd g enak dasir..hihihi..

3 09 2009
arkasala

Tips yang menarik Mas.
Kang Boed banyak banget komengnya karena dia sedang belajar sungguh-sungguh kali ya.

4 09 2009
Tony

sip tipsnya🙂

4 09 2009
dasir

@arkasala bukan pak,tapi sedang nyindir aku karena jam segitu kok belum ada apdetan..hehehe..biar semangat dasirnya gitu pak..

4 09 2009
dasir

@arkasala bukan pak,tapi sedang nyindir aku karena jam segitu kok belum ada apdetan..hehehe..biar semangat dasirnya gitu pak..

4 09 2009
dasir

@Tony makasih ya atas kunjungannya :):)

4 09 2009
alamendah

bloghicking lagi….
mungkin ada menu baru dari sobat buat buka puasa saya nanti

4 09 2009
dasir

@alamendah belum kang…hehehehe

5 09 2009
kawanlama95

terima kasih tipsnya, wah tapi nenekku umur sudah 84 th tapi masih suka yang keras2 ,kaya kacang masih kuat dan giginya masih kuat. wah nenekku masih sehat bro

5 09 2009
dasir

@kawanlama95 Nenek antumhebat be ge te sob,,kalau bapakku 77 tapi masih makan jambu bij..hehehhe..giginenek antum masih utuh gag sob?

19 10 2009
Mapuc

idenya ada2 aja, sip kang and trims, iso ngakak dewe aq ha ha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: