Etika Lelungan

26 08 2009

Pernah bepergian? Atau pernah melakukan perjalanan jauh seperti ke gunung, tempat wisata, pulang kampung, naik haji, umroh atau studi tour atau yang lainnya? Semua orang dasir rasa pernah melakukan perjalanan jauh kecuali masìh bayì, cacat fisik ataupun cacat mental. Yang bayi ataupun cacat kadang mengalahkan orang dewasa maupun yang sehat dalam melakukan perjalanannya. Tapi dasir tidak akan membahas bayi atau cacat, dasir hanya ingin berbagi ilmu yang dasir dapatkan tentang adab atau etika bepergian. Yang dalam Islam disebut SAFAR. Sebenarnya sama saja maknanya, karena safar dalam bahasa Arab yang dalam bahasa Wong tunjung artinya Lelungan atau Bepergian.

BerikutAdab-adab Safar/Etika Lelungan:

1. Melaksanakan sholat istikharah
2. Mengharap ridlo Alloh SWT
3. Bekal ilmu syar’i
4. Bertaubat
5. Bekal yang halal
6. Menulis wasiat
7. Pesan takwa
8. Mencari teman perjalanan yang baik
9. Berpamitan
10. Berangkat pada hari kamis
11. Berdoa ketika keluar dari rumah
12. Membaca doa safar
13. Mencari teman perjalanan
14. Mengangkat ketua rombongan
15. Berkumpul ketika singgah
16. Doa ketika singgah di suatu tempat
17. Bertakbir apabila melewati jalan menaik
18. Doa ketika memasuki suatu perkampungan
19. Berangkat pada awal malam
20. Doa ketika melihat fajar
21. Rajin berdoa ketika dalam bepergian
22. Amar ma’ruf nahi munkar
23. Menjauhi segala bentuk kemaksiatan
24. Melaksanakan semua kewajiban
25. Berakhlak mulia
26. Suka menolong
27. Segera kembali setelah urusan selesai
28. Doa ketika pulang
29. Doa ketika melihat kampung halaman
30. Tidak langsung masuk rumahnya pada malam hari
31. Melaksanakan sholat dua rakaat
32. Bercengkerama dengan anak-anak
33. Membawa oleh-oleh
34. Anjuran untuk berpelukan
35. Mengadakan perjamuan
36. Tidak membawa genta, seruling dan anjing
37. Mengajak istri dengan undian.
Yang ini khusus untuk yang berpoligami.
Yang masih lajang kayak dasir ga berlaku adab yang terakhir..hehehe

Cukup dulu artikel ini semoga bermanfaat bagi dasir dan wong tunjung khususnya dan sahabat sekalian pada umumnya..assalamu’alaikum..

Disarikan dari Sa’id bin Ali bin Wahf Al-Qahthani dalam ‘Shalatul Musafir Mafhum wa Anwa’ wa Adab wa Darajat wa Ahkam fi Dhau’ik Kitab was Sunah’


Aksi

Information

39 responses

27 08 2009
zujoe

adab yang terakhir seru juga ya hehehehe….. pake undian segala weks… btw artinya kek liburan gitu ya bro??? bagusnya liburan di bulan safar ya mas??? hooo… aku baru tau…

27 08 2009
dasir

@zujoe hey..safar menurut sejarah diarab krn pas wkt itu warga arab suka melakukan perjalanan..

27 08 2009
dasir

@zujoe hey..safar menurut sejarah diarab krn pas wkt itu warga arab suka melakukan perjalanan..

27 08 2009
Sang Cerpenis bercerita

ini asal kata dari Safari ya?

27 08 2009
dasir

@sangcerpenisbercerita Safari malahan serapan dari bahasa Arab.
Kalo dijawa SAFARI singkatan SAK PAFAT BELEKAN MBURI (baju 4 saku didepan, bagian belakangnya ada belahannya) hehehe met buka puasa ya mbak,,

27 08 2009
dasir

@sangcerpenisbercerita Safari malahan serapan dari bahasa Arab.
Kalo dijawa SAFARI singkatan SAK PAFAT BELEKAN MBURI (baju 4 saku didepan, bagian belakangnya ada belahannya) hehehe met buka puasa ya mbak,,

27 08 2009
KangBoed

Sahabat mari kita gunakan momentum PUASA RAMADHAN ini untuk mempersatukan RASA.. membentuk satu keluarga besar dalam persaudaraan ber dasarkan CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG.. menghampiri DIA.. menjadikan ALLAH sebagai SANG MAHA RAJA dalam diri.. menata diri.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Tenang.. menemukan Jati Diri Manusia untuk Mengembalikan Jati Diri Bangsa
Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
I Love U fullllllllllllllllllllllllllllll

27 08 2009
dasir

@kangboed Mari kang,jangan pernah kita sia2kan kesempatan dlm ramadhan ini..salam sayang tuk sahabatku met buka puasa ya..

27 08 2009
genial

kenapa musti istikharah kang? terus juga knp tidak membawa genta, seruling dan anjing

27 08 2009
Santri Gundhul

Hiiiiiiiiii….arep LELUNGAN kok dadak RIBET banget yoh Kang..???.

Cobo RUNGOKKE kehendak URIPMU, lalu ikutin dan tak usah DIPIKIRKAN lagi dengan segala persoalan atau petimbangan BAIK-BURUK, UNTUNG-RUGI, SLAMET-CILOKO. Sebab URIP kuwi selalu dibimbing oleh sang SUMBER URIP yo kang aran GUSTI kang MOHO SUCI.

" Inna sholati, wanusuqi, wamahyahya, wamamati, lillahirobbil alamin ".

Salam kenal Kang Dasir.

27 08 2009
KangBoed

waaaaaaaaakaaaakakakkakakakakakakakakkaakkak

27 08 2009
KangBoed

mari kita gunakan momentum PUASA RAMADHAN ini untuk mempersatukan RASA.. membentuk satu keluarga besar dalam persaudaraan ber dasarkan CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG.. menghampiri DIA.. menjadikan ALLAH sebagai SANG MAHA RAJA dalam diri.. menata diri.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Tenang.. menemukan Jati Diri Manusia untuk Mengembalikan Jati Diri Bangsa
Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

27 08 2009
KangBoed

hahaahahahahahaha

lagi apa mas moedasir

27 08 2009
buwel

woooowww mantabbb mas, makasi neh adab2nya…

27 08 2009
A-Chen

hmmmmm, bawa oleh2 termasuk etika lelungan yak…pantesabn keknya ini udah jadi tradisinya saudaraku…^_^

27 08 2009
arkasala

wah tips nya banyak neh, harus diprint biar gak lupa he he. Trims atas ilmunya Mas.

27 08 2009
nyegik

Apa itu tradisi jawa kang? jadi tertarik bacanya, unik.

27 08 2009
dasir

@genial nuhun nyak baru ol,,istikharah untuk memohon petunjuk kepada Alloh kebaikan dalam perjalanan baik waktu,tempat,jalan dan teman,,anjing,genta dan seruling (para malaikat tidak akan menemani rombongan yang membawa anjing dan seruling….genta adalah seruling setan(HR MUSLIM)

27 08 2009
dasir

@santri gundhul..nuwun sewu gih mas,,niki pelajaran saking Rasululloh sanes saka ilmu kejawen,,kulo ngagem basa lelungan kerono menurut kulo pas kalih kulo ingkang tiyang jawi…*Hey balasnya kayak orang yang ngerasa disalahkan sabar mas, biasa aja kali*
Salam kenal mas…jangan bosan ya barakallahu fiik…

27 08 2009
dasir

@kangboed wekekekekekekeekekek….

27 08 2009
dasir

@kangboed tak henti-hentinya dibulan ramadhan dan bulan puasa ini marilah kita mengharap ampunan Alloh yang berlimpah supaya kita bisa mencapai dderajat takwa di akhir ramaddhan dan kembali fitri meraih jatidiri sejati-jatinya…Salam hangaat dan piiiiiiiiiiiisssssssssssssss

27 08 2009
dasir

@kangboed 3 Tadi sedang kerja mas..eh jam segitu baru tarawih ding di pabrik…

27 08 2009
dasir

@buwel terima kasih…watawashoubil haq watashoubishobr…sama-sama ya wel…

27 08 2009
dasir

@a-chen iay sister…mari selalu beretika dalam segala hal termasuk Lelungan/bepergian…salam sayang dan hanngat tuk saudariku..kemari-kemarin masih salah panggil..maaf ya

27 08 2009
dasir

@arkasala Monggo pak dikopi,,makasih pak gih..salam buat keluarga…dan piiiiissssss

27 08 2009
dasir

@nyengik Kalau tradisi jawa sendiri aku malah kurang tahu,ini Ilmu Syar'i/Islam yang kudapat dari ta'lim(Pangajian) semoga bermanfaat…salam sayang dan cinta damai tuk sahabatku…

27 08 2009
KangBoed

hehehehehe.. mas dasir saya coba komeng neh pake dot com hehehehe

27 08 2009
KangBoed

waaaakakaakakkakaakk berhasiiiiilllll

27 08 2009
KangBoed

hehehehe.. dah siap siap ya maaaaasss

27 08 2009
KangBoed

hehehehe belum bobo yaaaaaaaa

27 08 2009
dasir

@kangboed belum kang,maih dirumahnya pak wandi.dan pak mars serta kang alam…

27 08 2009
dasir

@kangboed aku ke rumahnya sampeyan ya..meluncuuuuuuuuuuuur…

28 08 2009
Zulhaq

ya ya ya
thanks sob atas adab2nya

29 08 2009
dasir

@zulhaq sama-sama kangzul Semoga Alloh memberkahimu..amin

29 08 2009
Kopral Cepot

hatur nuhun pak kyai atas wejangannya🙂

29 08 2009
genial

mslh sholat istikharoh itu, serupa halnya dengan jika kita meminta hujan atawa rizki di suatu kaum kang iia..?!?!?

hhhmm…. mksh reply nya kang🙂

29 08 2009
genial

eee… itu sii sholat istisqooooooooooooo iia kang iia??!?!? huahahahhaha.. pantesannn..!!!

ko' kemaren itu saiia mikirnya gag pokus gtu… ternyata eee ternyata🙂 hueeheheh… case closed… ta'elaaaaaaaaahhh…

30 08 2009
dasir

@kopral cepot sami-sami atuh kang,,iih dasir dipanggil pak kyai..hehehe

30 08 2009
dasir

@genial eiit..nanya sendiri jawab sendiri,,gapapa deh biar kewajiban dasir berkurang..hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: