Lomba Mendongeng DSAK di Permata Cerita Ceria

22 06 2009

Tanggal 20 Juni 2009 kemarin kami mengikuti sebuah acara yang digagas oleh Bank Permata dan Komunitas 1001buku. Dengan tajuk Lomba
Mendongeng Permata Cerita Ceria se-Jabodetabek dg tema ‘Berbagi Cerita Mengenal Indonesia’. 30 Taman Bacaan hadir di Gedung Bank Permata Lt.3 Jl.Jenderal Sudirman, Jakpus. Masing-masing TBA mengirimkan wakilnya. Minimal 1 tim dan maksimal 3 tim. 1 tim terdiri maksimal dari 3 orang, dengan rincian 1 orang sebagai narator dan 2 orang sebagai pemeran. Tak kurang dari 52 tim mengikuti lomba mendongeng ini. Termasuk 3 tim kami dari TBA DSAK yaitu Tim Laskar Bintang (Ocan dan Ryan) dengan judul cerita Tupa dan Tupi, Tim 3 Malaikat (Inel, Erika, dan Lia) dengan cerita Asal-usul Surabaya. Satu tim lagi yaitu 3 putri sejati (Dea, Della dan Livia) dengan judul cerita Bawang Merah dan Bawang Bombay eh..Bawang Putih. Sebelum lomba ini terlebih dahulu menyeleksi 3 dari 8 tim yang berkeinginan berangkat ke sini.
Dua minggu kami melatih ekspresi dan hafalan adik-adik kami yang tak memiliki dasar teater seperti kami. Namanya anak-anak, meskipun diminta serius tetep saja inginnya bercanda selalu. Terutama cowok-cowoknya. Di Masjid Alkautsar kami berlatih. Kak Sidiq, kak Muddasir, kak Khabyby, kak Siti, kak Nova, kak Nisa, kak Denis dkk saling bertukar waktu untuk membimbing adik-adik. Tak lupa kami mempersiapkan properti lomba untuk mendukung alur cerita. Sapu, ember, boneka ikan, boneka buaya, karung adalah beberapa properti yang ada.
Sehari sebelum pemberangkatan ke Jend Sud, transportasi juga belum siap. Kami bermaksud meminjang mobil tokoh masyarakat di lingkungan Warudoyong kampung kami, namun semua mobil itu akan digunakan dihari kami juga ingin menggunakannya. Pukul 9 malam, kami mendapatkan mobil tersebut.
Dari sekiam relawan yang membimbing adik-adik, ternyata yang bisa mendampingi ke Bank permata hanya kak Dasir dan kak Sidiq ditambah kak Agi yang sebelumnya tak ikut membimbing serta satu orang tua peserta.
Lomba yang sedianya dilaksanakan sekali di Museum Nasional ternyata dipindah ke sini. Waktu pelaksanaan dari pukul 7 pagi sampai pukul 2 siang dipotong makan siang dan sholat dhuhur. Dalam pelaksanaanya 52 tim dibagi 3. Kelompok merah, kuning dan biru. Di ruang kuning ada 18 tim sedang yang lainnya 17. Untuk menghibur peserta yang menunggu giliran tampil, panitia mengajak mereka bermain dan bernyanyi. Serta memberikan hadiah bagi yang memenangkan game. Sewaktu makan siang kami disuguhi tayangan Laskar Pelangi. Jam 13 kami pulang terlebih dahulu..dengan meninggalkan peserta yang lain setelah berpamitan..
Tamat


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: